Monday, April 20, 2015

Memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa pc

Bagi kalian yang mempunyai smartphone keluaran terkini sekarang ini, mungkin sebenarnya hal itu sudah bukan lagi menjadi masalah. Nah utk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal tersebut kami dapat mengakalinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dgn cara begitu, kita dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan mempunyai penyimpanan yg lebih. Ada beberapa cara tidak sulit untuk memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik dgn cara memindahkan aplikasi tersebut secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dgn syarat smartphone kami mesti telah di root.

Jika ketika ini kalian sedang bingung bagaimana Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card, berikut ini Aplikasi Android Blog akan memberikan langkah demi langkah untuk Cara Tidak Sulit Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card.




Cara Pertama Dgn Cara Manual

Masuk ke menu Setting

Lalu pilih Aplikasi

Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yang kepingin kita pindahkan ke memori eksetrnaal, serta tekan tombol Move to SD card.

Move to SD card

Cara Kedua Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara diatas ngga bisa, Cara yg paling mudah utk memindah aplikasi Android ke eksternal SDCard, kita bisa pakai aplikasi gratis yang bisa di download langsung pada Playstore namanya Link2SD. Pada aplikasi Link2SD ini mempunyai fungsi utama yaitu dpt memindahkan banyak data serta aplikasi dari internal memori ke external memory dengan cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yang terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory.

Sebelum melanjutkan langkah ke cara memindahkan aplikasi ke SD Card ada persyaratan yg hrs dipenuhi supaya cara ini dapat diterapkan pada smartphone android kami yaitu:

Perangkat smartphone android kami harus telah berstatus root, bila belum diroot, sobat dpt mencari langkah-langkah roting android menurut type smartphone android sobat di google

Memori Ekternal (SDCard) mesti sudah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard kita harus dipartisi menjadi 2 bagian, kami dpt mempartisinya dgn menggunakan aplikasi Partition Wizard, kalian dpt melakukan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau bisa langsung mengerjakan partisinya melalui smartphone kalian, utk cara partisi pada SDCard, Bisa Anda baca posting tentang Cara Tidak Susah Partisi Micro SD Card Android Dengan Link2SD Tanpa PC.

Jika persyaratan diatas sudah kalian lakukan, selanjutnya perhatikan langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD dibawah ini:

Silahkan download & install aplikasi Link2SD melalui Google Playstore.

Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yg kamu gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dgn jenis partisi yang sudah kamu lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart & jalankan kembali Link2SD.

Setelah itu langsung saja kita pilih aplikasi mana saja yang mau di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Kamu dapat langsung memilih semua aplikasi dgn menyentuh select all, atau engkau juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentangnya yang ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem gak akan bisa dipindahkan.

Jika sudah selesai memilih aplikasi yang mau dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pastikan engkau mencentang ketiga menu yang muncul, lalu pilih OK.

Tunggu hingga proses selesai & lihatlah perbedaannya. Memory internal akn lebih bebas karena data aplikasi yang nte pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dgn menyentuh softkey & pilih storage info.

Selesai. Cara Tidak Susah Memindah Aplikasi Android Ke Eksternal SD Card. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat utk sobat semuanya

No comments:

Post a Comment